Friday, August 8, 2008

malaysia, not really malingsia (the story)

huah..akhirnya berhasil juga memulai cerita (walaupun gatau ni bisa selsai apa ngga,hehe)..setelah 2 minggu dihajar kegiatan2 mulai ujian,pentas,konser,makan2 (enak doong),tidur(cukup menghabiskan waktu), bisa juga gw menepati janji bercerita ttg jalan2 ke malaysia kmaren..Niatnya mau gw jelasin cukup detail siapa tau bisa jadi guide jalan2 buat yang lain..hehe!

oke dimulai dari rencana gw pergi bareng bokap hari rabu sore yang akhirnya batal dan gw harus pergi naik air asia jam 6.30 pagi besoknya (means,gw bangun jam 4 dan berangkat abis subuh!) sendirian..jangan tanya kenapa.malu.hahaha!

Ada untungnya jg gw naik Air Asia, soalnya bandara Air Asia terpisah sama bandara lainnya, namanya LCCT (Low Cost Carrier Terminal)..anggotanya disana cuma air asia seorang..dan pas januari kmaren gw ke malaysia, gw juga naik Air Asia jadi udah tau bentuk2 LCCT. sampe sana, dengan im3 yang super dodol cuma bisa aktif di Cina,Singapura,Arab, gw bingung bagaimana bertemu sama dede, sepupu gw yang ditugaskan bokap menjemput..dengan sifat SKSD gw,berhasil lah gw ngobrol sama satpam dan dikasi tau buat beli kartu telpon seharga 10RM (1RM~Rp2800). Ternyata si dede masih di jalan. Oia,begitu sampe bandara di manapun,sebisa mungkin ngambil brosur2 pariwisatanya. Soalnya bisa jadi pedoman jalan2 selama di sana.hehe! ada juga peta monorail. Hampir semua penumpang Air Asia (yang ga pake mobil) bakal naik shuttle bus. tujuannya cuma LCCT-KL sentral. Klo ga salah ada 2 perusahaan bus itu, sky bus sama gatau apa. Ciri2nya sky bus warna merah, yang satu lagi warna kuning. Harga 1 kali jalan sky bus 10RM/org, satu lagi 9RM/org. Tapi dari pertama kali gw kesana udah disuruh naik sky bus..jadi gw selalu naik itu,gatau ada masalah dengan bus lain apa ngga. Perjalanan dari LCCT sampe KL sentral sekitar 1 jam. Nah KL sentral adalah pusat monorail2 yang ada di Kuala Lumpur.jadi dari situ bisa ke berbagai daerah di KL. Mirip2 jalur busway gitu deh,ada beberapa tempat yang bisa tuker kereta juga.Gw sendiri belom apal2 banget harus naik yang mana buat ke mana.

jadi abis turun dari sky bus,gw naik monorail ke KLCC,atau twin tower itu. Ketemu deh sama bokap. Abis itu dimulailah perjalanan gw di KL (begaya)

Day 1 (Alia.Papa.Dede)

1. KLCC
apa ya kepanjangannya? Kuala Lumpur City Center? au ah..daerah ini mungkin pusat kota kali ya..perkantoran2 n hotel2 menjulang..yang terkenal ya menara twin tower milik perusahaan minyaknya malaysia, petronas. Nah di bawah twin tower ini ada Mall namanya Suria. Barang2nya cukup berbranded.tapi rame gila ni mall,apalagi klo siang.soalnya ada orang kantoran yang pada makan siang di sini jg. Di luar mall ada taman dan air mancurnya yang bisa nari2 gitu.

menara petronas di sore hari

2.Menara KL
ini menara komunikasinya KL.katanya sih no.4 tertinggi di dunia (sesama menara komunikasi).di lantai bawah ada sedikit pasar barang2 tradisional dan kadang2 ada yang main gamelan/ nari tradisional.trus bisa bayar (gatau berapa) buat naik ke atasnya. Nah di atasnya ini yang seru! kan melingkar gitu bentuknya. pas masuk,kita dikasih MP4 berikut earphonenya buat guide kita keliling ruangan. jadi kita ngeliat malaysia dari atas gitu sambil dijelasin satu2 tempat penting disana.
ngintip dari menara KL sambil dengerin MP4

gw nginep di hotel Istana,bukit bintang. Dari hotel ke KLCC/ menara KL bisa jalan kaki. tapi tergantung kakinya sapa.ahaha! sekitar 15-25 menit gitu klo jalan. Banyak juga orang2 yang naik taksi. dari menara KL,kita tadinya mau ke pasar seni. ternyata ujung monorail yang dinaikin kita menuju ke Eye of Malaysia. Kaya ferris wheel gitu. Pas di menara KL udah keliatan, gw jadi pengen liat juga. ternyata sampe sana ga ada apa2..cuma ada orang2 pada olahrada keliling taman. di sebelahnya ada kaya gedung pentas,tapi ga ada acara. Konon, pembuatan eye of malaysia ini ditentang warga. soalnya bikinnya di daerah perumahan. Kesannya maksa, buat iklanin visit malaysia 2007 kmaren. abis dari sana kita jalan lagi naik taksieye of malaysia

3. Pasar Seni
isinya kerajinan2 daerah malaysia. Ada yang khas Cina, India, Melayu. Soalnya warga malaysia mayoritas yang orang2 itu. Mungkin untuk turis bule seneng kali ya kesini. tapi klo kita sih barang2nya gitu2 aja. kaya barang2 khas jogja/bali gitu.

4. Petaling street
bisa jalan kaki dari pasar seni. Bisa juga disebut china townya malaysia. Yaaa.mirip banget pasar senen gitu deh..pasar di tengah jalan,pake tenda2. Barang2nya juga sama. Tas,dompet,sepatu abal2 tapi murah. Kl kata bokap, mungkin barangnya sama,masalahnya klo di jakarta ga ada waktu buat ke pasar gitu,kan ini mumpung ada waktu khusus jalan2.hehe!

salah satu keasikan jalan2 gitu bukan cuma belanjanya.tapi juga ngeliat keramaian. Seru aja ngeliat orang rame2 numplek berbagai suku pada belanja.

ga kerasa udah jam 9 malem dan belom makan. Tadinya mau makan di KLCC, tapi kayanya ga sempet. jadinya cari makan pinggiran yang rame aja. akhirnya pesen nasi putih sama kaya sate seafood gitu. dan makannya BENER2 di pinggir jalan..seru juga,hehe!
makan di beneran pinggir jalan

sampe hotel : pingsan

Day 2 (Alia=autis)

1.Bukit Bintang
Bokap ada kerjaan. Dede kuliah. Alia mengautis. Jadi, daerah hotel gw (bukit bintang) itu banyak mall2nya. rencana gw seharian itu muterin smua mall di bukit bintang. Mulai dari Sungei Wang, Lot 10, Pavillion, berakhir lagi di KLCC. Sungei Wang itu mirip2 ITC. Klo orang Indonesia suka beli Vincci malaysia, nah di sini ada. Setau gw Vincci itu adanya di Sungei Wang, Suria, sama Pavillion. Klo Pavillion itu mall paling baru. Ada yang bilang mirip2 senayan city. branded2 banget dan ga serame Suria, tapi lumayan seru juga muter2 sambil ngadem..huehe! abis itu lanjut ke Taman KLCC. Sore2 lumayan rame pada olahraga (jangan ngebayangin senayan di minggu pagi). trus di sana juga ada sejenis sea world gitu.namanya lupa apa tapi tidak terlihat terlalu menarik,gw gajadi masuk.padahal gw lumayan suka ikan2 gitu.harganya sekitar Rp.120ribu klo ga salah. Biar seru,jalur pergi sama pulangnya beda..jadi puas banget deh gw jalan kaki di sana.

sampe hotel : tewas

hasil autis di taman KLCC sendal putus, kaki menderita

Day 3 (Alia, Dede)

Bokap gw pulang jam 12an sementara gw balik jam 11.30 malem. Jadinya gw seharian jalan bareng dede. lagi2 gw masuk dari Mall ke Mall..pertamanya ke Berjaya timesquare. Ga begitu jauh dari bukit bintang. Di dalemnya ada theme park. Barangnya sih ga bagus2 banget. Rada kaya mall gagal gitu deh. Cuma ada beberapa toko kaos yang unik2. Abis itu naik kereta ke Mid Valley. Ini mall lumayan rame, kaya pim gitu ramenya. Sampe sana langsung makan di Food Courtnya. Masalahnya adalah karena kita bawa banyak barang2 (dede bawa kaleng susu di ransel) dan kaki gw udah sakit smua jadi perjalanan agak terganggu. Harus ada istirahat dulu.huehehe! dari Mid Valley naik bis ke KL sentral. Nah bis ini yang gw baru pertama naik. Bisnya AC, bayarnya begitu masuk bis dan harus uang pas. Di tiap halte ada informasi nomer dan tujuan bis kok,tenang aja. Akhirnya kembali gw ke LCCT dan berpisah sama dede,,huhuhuu..sediiihh..

tapiii,cerita belum selsai..haha! pesawat gw ternyata delay. Trus dengan M3 sampah ini gw ga bisa ngabarin sapa2 juga. Masalah baru adalah hape gw baterenya abis. Jadi dari bandara Malaysia gw udah liat kanan kiri, kira2 siapa yang bisa gw ajak duduk bareng nanti di pesawat. trus ujung2nya minta pinjem hp bwt ngabarin bokap gw yang jemput nanti,,hahahhaha! licik..tapi oh tapi,ga ada yang nampaknya cocok dijadikan mangsa..jadinya begitu sampe di Jakarta gw langsung keluar dan berjalan ke arah KFC,tempat janjian terakhir. Tapiii dengan bodohnya gw berjalan ke arah sebaliknya,jadi sampailah gw di ujung bandara dengan pos satpam disana. Dimulailah proses SKSD.hahaha! Akhirnya dipinjemin hape sama pak satpam buat nlp bokap. pelajaran penting : 1. Sifat Sok Kenal Sok Deket (SKSD) itu terkadang berguna 2. Basa basi juga krusial dalam hubungan,khususnya kepada orang tak dikenal 3. Charge hape lo!

terminal keberangkatan Soekarno Hatta pukul setengah 2 pagi serem abis! lampu mati semua..di kursi2nya banyak orang tidur..wanjer,gw aja sampe lari ketakutan..

Naah,ada satu lagi pendapat gw ttg Malaysia

jadi, ada tempat yang dari hari pertama gw datengin. yaitu daerah bukit bintang di malam hari.. keanehannya adalah banyak sekali orang arab. shirin (LOH?!becanda shir,hehe!)..orang arab yang gw maksud bukan yang menetap disitu,tapi yang berlibur juga. Arab yang pake cadar mata doang kaya di ayat-ayat cinta ituu..beuh,bejibun..ga hiperbol loh..jadi klo malem2 di bukit bintang malah rame banget..pada jualan2..cafe buka semua..isinya arab semua (again)..makin malem makin rame pula..malah di mlm kedua ada panggung dengan penyanyi arab!!!!nyanyi bahasa arab juga..nah, ini dia kalahnya Indonesia dibanding Malaysia. Diliat dari kmampuan menarik wisatawannya udah beda. Malaysia punya Visit Malaysia, begitu pula Indonesia. Sayangnya di Indonesia tidak diikuti sama pembenahan fasilitas dan infrastuktur. Jadinya ga banyak juga Wisatawan yang tertarik. Di Malaysia udah nyaman banget buat wisatawan mau jalan2. Nah khusus utk orang Arab, kata bokap gw orang arab itu maunya ke wilayah yang islam biar gampang makannya,lingkungannya,dll. Mereka gamau ke Singapura soalnya mayoritas bukan Islam. Jadi pilihannya Indonesia ato Malaysia. Karena masalah2 tadi ya lebih banyak wisatawan yang dateng ke Malaysia. Emang gw akui fasilitas mereka tuh dipersiapkan dengan baik,nyaman lah intinya. Indonesia membenahi masalah macet aja masih susah. Ga usah gw jabarin satu2 lah masalahnya,pasti udah pada tau semua.

Gw tentu aja ga setuju sama ide Malaysia yang mempatenkan barang2 khas Indonesia,walaupun mungkin dari segi budaya, kita sebenernya punya budaya yang sama jadi sama2 merasa memiliki. Tapi semua ide dan keseriusan malaysia secara utuh dalam program Visit Malaysia itu membuat dia jadi lebih terlihat di mata dunia. Kan orang bule suka sama budaya2, dan mereka (malaysia) bisa mempacking objek budaya jadi terlihat menarik. Bagi kita sih sama2 aja sama budaya Indonesia. Itu pinternya, bukan cuma masalah maling2an budaya doang

Padahal klo diliat bener2 Indonesia itu punya banyak banget objek wisata. Gw 2 hari ke Cirebon aja udah dateng ke banyak tempat oke. Apalagi seluruh Indonesia. Justru karena punya lebih banyak objek dan wilayah yang lebih besar, butuh tenaga dan otak yang lebih banyak juga untuk memajukan pariwisata Indonesia. Sekarang udah bulan Agustus, gatau deh 8 bulan ini udah ada kemajuan apa dalam program visit Indonesia year 2008. Semoga ada kemajuan..